10/26/16

MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK

Tags


Sebagian besar ahli mengatakan kemampuan otak digambarkan oleh kemampuan intelegensi. Kemampuan ini merupakan modal dasar yang dimiliki seseorang untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Modal ini yang kemudian dipercaya berkembang untuk mendatangkan keberhasilan. Atau dengan kata lain, semakin besar intelegensi seseorang, maka kemampuannya bekermbang juga semakin baik.

Berikut ini merupakan kategori kemampuan intelegensi berdasarkan hasil pengukuran IQ dengan menggunakan tes.

Ada berbagai banyak cara untuk mengukur kemampuan otak. Di kemajuan teknologi saat ini, banyak penyedia jasa untuk mengukur kemampuan itelejensi secara online, dan juga tersedia tes pada buku-buku yang banyak dijual di toko buku. Kesemuanya ini hanya sekedar untuk mengukur kemampuan otak.
Kemampuan intelegensi bukanlah sebuah bakat yang tidak dapat berubah. Seiring pengalaman hidupnya, maka intelegensi dapat berkembang. Bahkan kemampuan intelegensi dapat dikembangkan dengan pola hidup yang teratur.
Ada 5 (lima) cara untuk meningkatkan kemampuan intelegensi (sumber: Quick IQ Tes), yaitu:
  1. Menguji kecerdasan Anda dengan banyak tes IQ yang Anda bisa walau perlahan-lahan, namun secara bertahap meningkat ketika Anda melatih bagian-bagian tertentu dari otak Anda.
  2. Untuk memanfaatkan potensi maksimum dari otak, adalah penting untuk menjamin pasokan darah yang cukup oksigen dan nutrisi ke otak. Hal ini diketahui bahwa hampir setiap latihan aerobik 20 menit secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir dan memori. Ini merangsang produksi hormon pertumbuhan yang diperlukan untuk memulihkan sel-sel saraf. Selain itu, mempromosikan pembentukan neurotransmitter untuk memori yang lebih baik, dan juga untuk mengurangi stres.
  3. Merangsang efektifitas otak, dengan latihan pernapasan. Perlahan-lahan tarik napas sambil menghitung sampai 1-88, kemudian tahan napas selama 12 hitungan dan akhirnya menghembuskan napas perlahan sambil menghitung sampai 1-10.
  4. Jika Anda memiliki pekerjaan tetap, selalu pastikan bahwa punggung Anda lurus seperti itu secara signifikan akan meningkatkan suplai darah ke otak Anda. Juga, pastikan bahwa Anda berdiri untuk sementara waktu. Sudah terbukti secara ilmiah bahwa posisi berdiri meningkatkan kemampuan untuk belajar dan berpikir hingga 30 %.
  5. Pastikan bahwa Anda makan makanan sehat dan bergizi. Saran ini sering sangat diremehkan, tetapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu meningkatkan IQ sebesar 10 poin atau bahkan lebih.
Pada akhirnya, hasil hanyalah sebuah hasil. Setelah memperoleh hasil kembali kepada si pemilik intelegensi untuk mengembangkannya. Memiliki hasil yang baik, juga tidaklah serta merta menjadikan Anda berhasil, kembali kepada niat dan motiasi.

Tulisan pernah dipublish pada Kompasiana.com 29 Maret 2014

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon